PENGARUH TRUST IN BRAND TERHADAP BRAND LOYALTY KONSUMEN PRODUK EIGER DI KOTA BENGKULU
Main Authors: | Gupito, Gupito, A muluk, Alains |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/3497/1/SKRIPSI.pdf http://repository.unib.ac.id/3497/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh dari trust in brand yang variabelnya terdiri dari brand characteristic, company characteristic, dan consumer characteristic terhadap brand loyalty konsumen. Merek yang diteliti adalah merek eiger, yang respondennya diambil dari para pemakai produk eiger yang ada di kota Bengkulu. Data yang dikumpulkan adalah data primer yang didapat dari kuesioner yang bertujuan untuk mengetahui secara mendalam mengenai kepercayaan merek dan kesetiaan merek konsumen produk Eiger. Pengujian hasil kuesioner dilakukan dengan menggunakan regresi berganda. Dengan menggunakan metode pengambilan sampel berdasarkan besaran hari, didapatkan responden sebagai konsumen produk eiger sebanyak 45 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara bersama-sama dan parsial variabel brand characteristic, company characteristic, dan consumer characteristic produk Eiger berpengaruh signifikan terhadap brand loyalty konsumen di kota Bengkulu. Pengaruh variabel brand characteristic, company characteristic, dan consumer characteristic terhadap brand loyalty adalah sebesar 0,838 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000. Sebaliknya, secara parsial pengaruh variabel – variabel adalah sebagai berikut. Pertama brand characteristic berpengaruh signifikan terhadap brand loyalty dengan koefisien beta sebesar 0,364 dengan tingkat signifikan sebesar 0,014. Company characteristic mempunyai pengaruh signifikan terhadap brand loyalty dengan koefisien beta sebesar 0,257 dengan tingkat signifikan sebesar 0,002. Consumer characteristic juga berpengaruh signifikan terhadap brand loyalty dengan koefisien beta sebesar 0,362 dengan tingkat signifikan sebesar 0,045. Dalam upaya meningkatkan loyalitas merek, pihak perusahaan harus senantiasa meningkatkan dan mempertahankan kepercayaan konsumen. Brand characteristic sebagai salah satu variabel yang berpengaruh dominan harus tetap dapat dikendalikan secara langsung oleh perusahaan.