UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW PADA KONSEP TEORI KINETIK GAS DI KELAS XI IPA D SMAN 2 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Pratikto, Haryono, Nirwana, Nirwana, Nyoman , Rohadi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/3486/1/HARYO%20PRATIKTO%20FE-2.pdf http://repository.unib.ac.id/3486/ |
Daftar Isi:
- HARYO PRATIKTO (2009). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa Dengan Menerapkan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Pada Konsep Teori Kinetik Gas di Kelas XI IPA D SMAN 2 Kota Bengkulu. Penelitian ini telah dilakukan pada siswa kelas XI IPA D SMAN 2 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2008/2009 dengan tujuan: 1) Untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dengan menerapkan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw pada konsep teori Kinetik Gas di Kelas XI IPA D SMAN 2 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2008/2009, 2) Untuk mengetahui hasil belajar fisika siswa dengan menerapkan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw pada konsep Teori Kinetik Gas di Kelas XI IPA D SMAN 2 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2008/2009. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus dan data setiap siklus dianalisis untuk menentukan tindakan perbaikan pada siklus selanjutnya. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 1-8 Mei 2009. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan lembar observasi. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus 1 sebesar 25,6 (kategori baik) menjadi 28,6 (kategori baik) pada siklus 2. Hasil belajar siswa aspek afektif dan psikomotorik mengalami peningkatan namun tidak untuk aspek kognitif. Pada hasil belajar siswa aspek afektif, nilai rata-rata hasil belajar siswa aspek afektif meningkat dari 9,5 (kategori baik) pada siklus 1 menjadi 11,1 (kategori baik) pada siklus 2. Pada hasil belajar siswa aspek psikomotorik, nilai ratarata hasil belajar siswa aspek psikomotorik meningkat dari 26,5 (kategori baik) menjadi 29,2 (kategori baik). Dan pada hasil belajar siswa aspek kognitif, nilai ratarata hasil belajar siswa aspek kognitif menurun dari 82,6 pada siklus 1 menjadi 73,5 pada siklus 2.