ANALISIS PROGRAM SIARAN YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PENDENGAR RADIO SWARAUNIB 99,2 FM PADA MAHASISWA UNIVERSITAS BENGKULU

Main Authors: Rufran, Akhmad, Soengkono, Soengkono
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/3379/1/SKRIPSI.pdf
http://repository.unib.ac.id/3379/
Daftar Isi:
  • Radio merupakan salah satu jenis media usaha hiburan dan informasi, mempunyai dua jenis konsumen, yaitu pendengar dan pemasang iklan. Dimana secara teoritis hubungan kedua konsumen tersebut berbanding lurus yang artinya semakin banyak yang mendengarkan, maka semakin banyak pula yang memasang iklan dan ini menjadi income bagi perusahaan radio tersebut. Banyaknya pendengar ini tergantung dari sebuah radio untuk bisa menyajikan program siaran yang menjadi kebutuhan serta keinginan pendengar untuk mendapatkan kepuasan dalam mendengarkan siaran suatu radio. Radio sebagai media komunikasi mutlak dipahami sebagai media komunikasi masa, dimana didalamnya menyangkut berbagai aspek yang perlu mendapatkan pemahaman yang mendasar Penelitian ini dilakukan pada radio SwaraUNIB 99,2 FM yang mempunyai pangsa pendengar dominan anak muda (pelajar dan mahasiswa). Kemudian pada penelitian ini yang menjadi respondennya adalah mahasiswa Universitas Bengkulu. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah program siaran yang ditawarkan dapat mempengaruhi kepuasan konsumen (pendengar) dalam memilih siaran yang berkualitas pada Radio SwaraUNIB 99,2 FM. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini adalah accidental sampling dan dilakukan dalam waktu 1 minggu dan mendapatkan 100 responden mahasiswa Universitas Bengkulu. Dengan menggunakan kuesioner sebagai metode pengumpulan datanya.Metode analisis yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Dari analisa kuantitatif dengan menggunakan metode regrresi linier berganda, diperoleh persamaan regresi sebagai berikut : Y = 0,406 + 0,127X R2 = 0,331 R = 0,575 Dari persamaan koefisien regresi tersebut dapat diketahui bahwa variabel X mempunyai pengaruh yang positif terhadap variabel Y, dengan nilai koefisien determinasi (R2) 0,331 dan koefisien korelasi berganda (R) sebesar 0,575.