PENERAPAN ANALISIS KUADRAN DAN CUSTOMER SATISFACTION INDEX (CSI) DALAM PENENTUAN TINGKAT KEPUASAN PENGUNJUNG PERPUSTAKAAN UNIB
Main Authors: | Misteridini, Misteridini, Sigit, Nugroho, Baki, Swita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/3337/1/Skripsi%20Misteridini.pdf http://repository.unib.ac.id/3337/ |
Daftar Isi:
- Analisis Kuadran adalah representasi grafik dan visualisasi dari sembarang unsur dengan dua variabel. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari prosedur Analisis Kuadran dan Customer Satisfaction Index (CSI) dalam menentukan tingkat kepuasan pengunjung perpustakaan Universitas Bengkulu (UNIB). Sampel dari penelitian ini adalah mahasiswa reguler yang berjumlah 582 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Nonproportional Stratified Random Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner. Hasil analisis dan pembahasan menunjukkan bahwa Analisis Kuadran memplot variabel-variabel yang diteliti ke dalam empat kuadran yaitu pada kuadran I, II, III, dan IV. Variabel yang berada dalam kuadran I merupakan variabel yang dianggap penting oleh pengunjung tetapi pada kenyataanya kinerja dari variabel tersebut masih rendah, kuadran II berisi variabel- variabel yang dianggap penting dan pada kenyataanya kinerjanya juga bagus, kuadran III berisi variabel-variabel yang dianggap kurang penting oleh pengunjung dan kinerjanya pun tidak terlalu istimewa, kuadran IV berisi variabel-variabel yang dianggap kurang penting dan dirasakan terlalu berlebihan. Nilai CSI yang diperoleh 0,72 yang menunjukkan tingkat kepuasan pengunjung terhadap perpustakaan UNIB masuk kedalam kriteria puas.