ANALISIS KOMPETENSI KERJA ILMIAH SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA-BIOLOGI BERBASIS MASALAH (LESSON STUDY DI KELAS VIIIc SMPN 9 KOTA BENGKULU)
Main Authors: | Sutriana , Sutriana , Diah , Aryulina, Riyanto, Riyanto |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/3307/1/SUTRIANA%20%20FE-2.pdf http://repository.unib.ac.id/3307/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk memeroleh deskripsi kompetensi kerja ilmiah siswa kelas VIIIc SMPN 9 Kota Bengkulu pada pembelajaran IPA-Biologi berbasis masalah meliputi kompetensi mengidentifikasi masalah, kompetensi merencanakan pemecahan masalah, kompetensi melakukan pemecahan masalah, kompetensi menganalisis hasil pemecahan masalah, dan kompetensi menyimpulkan hasil pemecahan masalah. Penelitian ini dilakukan dengan lesson study (pengkajian pembelajaran). Metode penelitian pada lesson study ini adalah metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIIc SMPN 9 Kota Bengkulu tahun ajaran 2008/2009 yang berjumlah 33 orang siswa terdiri atas 13 orang siswa laki-laki dan 20 orang siswa perempuan. Instrumen pengumpulan data kompetensi kerja ilmiah adalah Lembar Kegiatan Siswa (LKS). Data dianalisis dengan menghitung rerata dan persentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kompetensi kerja ilmiah siswa kelas VIIIc SMPN 9 Kota Bengkulu pada pembelajaran IPA-Biologi berbasis masalah secara keseluruhan di siklus perbaikan pada materi 'Hama dan Penyakit pada Organ Tumbuhan' sedikit lebih rendah dibandingkan di siklus pertama pada materi 'Gerak pada Tumbuhan', tetapi sudah mencapai ketuntasan. Aspek Kompetensi kerja ilmiah siswa pada pembelajaran IPA-Biologi berbasis masalah adalah: 1)kompetensi mengidentifikasi masalah pada materi ’Gerak pada Tumbuhan’ tergolong sangat baik, 2) kompetensi merencanakan pemecahan masalah pada materi ’Gerak pada Tumbuhan’ tergolong sangat baik, 3) kompetensi melakukan pemecahan di siklus perbaikan pada materi ’Hama dan Penyakit pada Organ Tumbuhan’ lebih baik dibandingkan di siklus pertama pada materi ’Gerak pada Tumbuhan’ yaitu dari kategori cukup ke kategori baik, 4) kompetensi menganalisis hasil pemecahan masalah pada materi ’Gerak pada Tumbuhan’ tergolong cukup, dan 5) kompetensi menyimpulkan hasil pemecahan masalah di siklus perbaikan pada materi ’Hama dan Penyakit pada Organ Tumbuhan’ memiliki kategori yang sama dengan di siklus pertama pada materi ’Gerak pada Tumbuhan’ yaitu sangat baik. Kata kunci: Kompetensi kerja ilmiah, IPA-Biologi SMP, Pembelajaran Berbasis