MAHASISWA MENINGKATKAN 'MEMBACA PEMAHAMAN DALAM BELAJAR BAHASA INGGRIS MELALUI TUGAS BERBASIS PENDEKATAN (A Penelitian Tindakan Kelas pada Mahasiswa Tahun Pertama SMPN 11 Bengkulu)

Main Authors: Harvianti, Yeni, Bambang , Suwarno, Elfrida, Elfrida
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/3289/1/YENI%20HARVIANTI%20%20FE-2.pdf
http://repository.unib.ac.id/3289/
Daftar Isi:
  • Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menyelidiki penggunaan task-based approach dalam meningkatkan pemahaman bacaan teks Bahasa Inggris pada siswa tahun pertama SMPN 11 Kota Bengkulu tahun ajaran 2008/2009. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas tahun pertama yang terdiri dari 160 siswa. Sampelnya adalah kelas VIID yang terdiri dari 30 siswa. Data dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan tes pilihan ganda. Prosedur penelitian ini terdiri dari pre-test, treatment dan post-test. Treatment terdiri dai tiga siklus dan tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut, di pre-test menunjukan bahwa siswa belum memiliki kemampuan yang baik dalam pemahaman bacaan teks Bahasa Inggris (49/low). Hasil penelitian membuktikan bahwa kemampuan siswa dalam pemahaman bacaan teks meningkat setelah diberikan pelatihan-pelatihan (68/moderate) di post-test. Lebih jauh, kualifikasi “very good” meningkat 3.33%, “good” 20%, dan “moderate” 60%. Sebaliknya, kualifikasi “low” menurun 80% dan “failed” 3.33%. Ini dapat disimpulkan bahwa task-based approach dapat meningkatkan pemahamaan bacaan pada siswa tahun pertama SMPN 11 Kota Bengkulu.