KECERDASAN EMOSIONAL MAHASISWA ' DALAM BELAJAR BAHASA INGGRIS (Studi Deskriptif di Tahun Pertama Siswa SMPN 22 Kota Bengkulu pada Tahun Akademik 2008/2009)

Main Authors: Ari Anggraini, Winda, Hilda, Puspita, Mukhrizal, Mukhrizal
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/3288/1/WINDA%20ARI%20ANGGRAINI%20%20FE-2.pdf
http://repository.unib.ac.id/3288/
Daftar Isi:
  • Penelitian deskriptif quantitatif ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional siswa dalam belajar Bahasa Inggris. Populasi dari penelitian ini adalah siswa SMPN 22 Kota Bengkulu kelas satu yang terdaftar pada tahun 2008/2009, yang terdiri dari 66 siswa dengan menggunakan teknik sampel total. Data diambil dari responden dengan menggunakan dua jenis instrumen, yaitu kuesioner dan ceklis observasi melalui observasi langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecerdasan emosional siswa tergolong baik. Hal ini dapat dilihat dari kesadaran siswa dengan rata-rata 3,10 (baik), rata-rata pengaturan diri siswa 2,92 (baik), rata-rata motivasi siswa 3,08 (baik), rata-rata empati siswa 2,78 (baik), dan rata-rata kemampuan sosial siswa 3,10 (baik).