PERBANDINGAN ANTARA PENGARUH PENGGUNAAN MUSIK DAN MICROSOFT DAYA POINT SEBAGAI MEDIA ATAS ANAK KOSAKATA PENGUASAAN (A Penelitian Perbandingan pada Mahasiswa Tahun Ketiga SDIT IQRA '1 Bengkulu 2008/2009 Tahun Akademik)

Main Authors: Sriwijaya Ambarita, Lingga, Mulyadi, Mulyadi, Kasmaini, Kasmaini
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/3283/1/LINGGA%20SRIWIJAYA%20AMBARITA%20%20FE-2.pdf
http://repository.unib.ac.id/3283/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mana yang memiliki pengaruh lebig besar antara music dan Microsoft Power Point terhadap kemampuan penguasaan kosakata bahasa Inggris anak-anak. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 3 SDIT Iqra’ 1 Bengkulu yang teridir dari 80 orang siswa. Sedangkan sampel sebanyak 50 orang dari dua kelas. Siswa dibagi ke dalam dua kelas, kelompok kelas eksperimen 1 dan kelompok kelas eksperimen 2. Kelas eksperimen 1 mendapatkan perlakuan dengan menggunakan musik, sedangkan kelas eksperimen 2 mendapatkan perlakuan dengan menggunakan media Microsoft Power Point. Pre-test diberikan kepada kedua kelas ebelum perlakuan. Nilai yang didapat dari kelas eksperiment adalah 5.2 dan kelas kontrol 4.61. Untuk menganalisis hasil pre-test digunakan t-test formnula. Dari hasil perhitungan diproleh nilai t 1.56 dan t table 2.021. dapat disimpulkan bahwa nilai t yang diperoleh lebih kecil daripada nilai t table (1.56 < 2.021) Berarti tidak ada perbedaan yang signifikan antara kedua kelas dalam penguasaan kosakata. Hasil dari post-test diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 1 adalah 9.30 dan kelas eksperimen 2 adalah 8.28. pada uji hipotesis diperoleh nilai t 4.54 dan t table 2.021. jadi nilai t yang diperoleh lebih besar daripada nilai t table (4.54 < 2.021) Dari sini dapat disimpulkan bahwa musik memiliki pengaruh lebih besar dibandingkan dengan Microsoft Power Point terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris anak-anak. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan kepada guru-guru untuk menggunakan musik dalam pengajaran Bahasa Inggris kepada anakanak.