IES SULIT ENGLISH GURU DALAM MENGAJAR BERDASARKAN PENDIDIKAN UNIT KURIKULUM (Sebuah penelitian di Public Senior High School di Kota Bengkulu)

Main Authors: Santoso, Herlian , Rudi, Afriazi, Dedi , Sofyan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/3282/1/SKRIPSI%20HERLIAN%20SANTOSO%20%20FE-2.pdf
http://repository.unib.ac.id/3282/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk menemukan kesulitan guru bahasa Inggris di SMA Negeri dalam merancang rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) berdasarkan KTSP. Populasi pada penelitian ini berjumlah 35 orang yang terdiri dari seluruh guru Bahasa Inggris yang pernah mengikuti pelatihan KTSP. Objek penelitian diambil berdasarkan Total sampling Technique. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan kuesioner yang terdiri dari 37 pertanyaan yang dibagi menjadi 9 aspek dalam rencana pelaksanaan pembelajaran yaitu; standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode/teknik, langkah-langkah kegiatan pembelajaran, alat/sumber materi, dan penilaian. Dan dianalisis dengan rumus persentase dan bobiot rata-rata. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tidak ditemui banyak kesulitan yang berarti dalam merancang rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) berdasarkan KTSP oleh guru Bahasa Inggris di SMA Negeri karena semua aspek secara keseluruhan berpredikat moderat. Ini menandakan bahwa dalam merancang rencana pelaksanaan pembelajaran tidak begitu sulit. Disamping itu, berdasarkan hasil penelitian bentuk yang paling sulit adalah tidak ada karena itu juga berpredikat moderat. Ini menunjukkan bahwa guru Bahasa Inggris di SMA Negeri tidak menemukan kesulitan yang berarti dalam menulis semua aspek dalam rencana pelaksanaan pembelajaran.