ANALISIS PERTANYAAN LISAN BAHASA INGGRIS GURU DALAM STANDAR INTERNASIONAL KELAS DI SMAN 2 KOTA BENGKULU (Studi pada Guru bahasa Inggris di First Grade International Standard Kelas Tahun Akademik 2009/2010)

Main Authors: Anggraini, Elvina, Hilda , Puspita, Syafrizal, Syafrizal
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/3279/1/ELVINA%20ANGGRAINI%20%20FE-2.pdf
http://repository.unib.ac.id/3279/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis jenis dominan pertanyaan lisan guru digunakan oleh guru bahasa Inggris dan jenis bahasa yang digunakan oleh guru bahasa Inggris dalam mengajukan pertanyaan di kelas standar internasional . Penelitian ini menggunakan metode deskriptif . Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru bahasa Inggris yang mengajar di kelas pertama kelas standar internasional di SMAN 2 Kota Bengkulu . Ada tiga guru bahasa Inggris yang diambil sebagai sampel . Data dikumpulkan melalui rekaman langsung dan observasi dengan menggunakan checklist observasi dan beberapa MP4 sebagai perekam . Peneliti dibantu oleh coobserver dalam mengumpulkan data . Data dianalisis dengan mengelompokkan menjadi tujuh kategori pertanyaan . Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan pertanyaan display ( 56,19 % ) , pertanyaan referensial ( 25.88 % ) , cek konfirmasi ( 11,94 % ) , permintaan klarifikasi ( 6,41% ) , pertanyaan retoris ( 1,54 % ) , pemeriksaan pemahaman ( 0,66 % ) dan terakhir adalah pertanyaan ekspresif ( 0 % ) . Kemudian, jenis bahasa yang digunakan oleh guru dalam mengajukan pertanyaan adalah bahasa Inggris ( 83,18 % ) , Indonesia ( 12,39 % ) , dan campuran ( Inggris- Indonesia ) ( 4,43 % ) . Dapat disimpulkan bahwa guru menggunakan pertanyaan display dominan dalam mengajukan pertanyaan di kelas . Kemudian , mereka cenderung menggunakan bahasa Inggris ketika mereka mengajukan pertanyaan kepada siswa .