KESULITAN DALAM MENULIS DALAM BAHASA INGGRIS YANG DIHADAPI OLEH MAHASISWA DARI BAHASA INGGRIS PROGRAM STUDI UNIVERSITAS BENGKULU (Studi pada Semester Kelima Mahasiswa Program Studi Bahasa Inggris dari Universitas Bengkulu pada 2009/2010 Tahun Akademik)
Main Authors: | Hartono, Dang Arif, Mulyadi , Mulyadi, Imranuddin, Imranuddin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/3275/1/DANG%20ARIF%20HARTONO%20%20FE-2.pdf http://repository.unib.ac.id/3275/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini ditujukan untuk menyelidiki kesulitan siswa saat menulis dalam bahasa Inggris, yang ditinjau dari sudut pandang ketatabahasaan. Subjek penelitian ini ialah mahasiwa Pendidikan Bahasa Inggris yang berjumlah 36 orang. Semua subjek telah duduk di semester 5 dan telah menempuh kelas Structure I sampai Structure IV serta Kelas Writing I sampai Writing III. Dengan menggunakan tes menulis sebagai instrument penelitian, peneliti menemukan bahwa 53, 79% dari total kesulitan siswa adalah subject-verb agreement dan sisa 46,21% adalah parallelism. Temuan tersebut mengindikasikan bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam menulis dengan baik. Maka dari itu, peneliti menyarankan diadakannya langkah-langkah untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa mengenai aspek tatabahasa dalam penulisan.