ANALISIS EFEKTIVITAS PENGARUH MEDIA e-PR PT ASTRA INTERNASIONAL Tbk – ASTRA WORLD DALAM MENUMBUHKAN IKLIM KOMUNIKASI (Studi Kasus Pada Astra World Medan)
Main Authors: | Tampubolon, Manur M, Lamhir , Syam Sinaga, Sugeng, Suharto |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2007
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/3128/1/I%2CII%2CIII-MAN-FISIP.pdf http://repository.unib.ac.id/3128/2/IV%2CV-MAN-FISIP.pdf http://repository.unib.ac.id/3128/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2006 di PT. Astra International Tbk - Astra World cabang Medan dengan mengambil responden penelitian adalah partner eksternal dan member Astra World di Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas dari pemanfaatan media e-PR PT. Astra International Tbk – Astra World dalam menumbuhkan iklim komunikasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik analisis data kualitatif. PT. Astra International Tbk – Astra World telah memiliki media e-PR sebagai salah satu media komunikasi dengan publiknya. Media e-PR milik PT. Astra International Tbk – Astra World telah diaplikasikan melalui home page dengan mengakses www.astraworld.com, layanan e-mail sebagai wadah publik menyampaikan saran dan kritik ke customerservice@astraworld.com dan dalam bentuk press release online yang memuat laporan perusahaan, laporan keuangan dan kinerja PT. Astra International Tbk – Astra World. Melalui penelitian ini diketahui bahwa partner eksternal dan member Astra World sebagian besar telah memanfaatkan media e-PR PT. Astra International Tbk – Astra World untuk mendapatkan dan mengetahui informasi, perkembangan dan kinerja Astra World. Selain itu melalui media e-PR yaitu home page Astra World, publik bisa mendapatkan informasi dan tips seputar otomotif dari Astra World. Dengan seringnya member dan partner eksternal Astra memanfaatkan media e-PR tersebut layaknya media komunikasi lain yang selama ini digunakan, mampu menunjukkan iklim komunikasi dapat tumbuh dan terjaga dalam lingkungan perusahaan melalui keberadaan media e-PR. Dengan demikian semakin efektif pemanfaatan media e-PR tersebut, maka iklim komunikasi dalam tubuh PT. Astra International Tbk – Astra World dengan publiknya tumbuh dan terjaga secara efektif juga.