PENGARUH ADVERTORIAL PESERTA PILGUB BENGKULU 2005 DI HARIAN RB TERHADAP PARTISIPASI POLITIK PEMILIH (Studi Kasus Pada pemilih Putaran I di Kelurahan Sawah Lebar)
Main Authors: | Hestiawan , Joni, Dedi, Supriyadi, Lamhir, Syam Sinaga |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2007
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/3115/1/IV%2CV-JON-FISIP.pdf http://repository.unib.ac.id/3115/2/I%2CII%2CIII-JON-FISIP.pdf http://repository.unib.ac.id/3115/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul “Pengaruh Advertorial Peserta Pilgub Bengkulu 2005 di Harian RB Terhadap Partisipasi Politik Pemilih”. Studi dilakukan pada pemilih putaran I di kelurahan Sawah Lebar. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh advertorial peserta pemilihan gubernur Bengkulu 2005 yang disajikan melalui harian Rakyat Bengkulu terhadap partisipasi politik khalayak (pemilih) yang membacanya, dan untuk mengetahui efektivitas penerapan political marketing melalui media massa (pull marketing) khususnya media massa cetak dimana penerapan political marketimg merupakan hal yang relatif masih baru dilakukan di Indonesia khususnya di Bengkulu yang untuk pertama kali melaksanakan pemilihan kepala daerah secara langsung. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi, kuisioner, dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa advertorial peserta pilgub Bengkulu 2005 yang disajikan melalui harian RB berpengaruh terhadap partisipasi politik pemilih yang membacanya terutama untuk indikator memilih/mencoblos. Hal ini dibuktikan dengan uji statistik korelasi product moment, ternyata hasil r hitung (0,635) lebih besar dari r tabel (0,202) dengan taraf signifikan 5% dan jumlah sampel 96. Sedangkan untuk menguji hipotesis digunakan rumus F test, hasil perhitungan dengan menggunakan rumus F test ternyata lebih besar dari F tabel yaitu 103,844>3,94. Dengan demikian hipotesis kerja (Hk) dalam penelitian ini diterima dan menolak hipotesis nihil (H0). Artinya ada pengaruh dari advertorial peserta pilgub Bengkulu 2005 di harian RB terhadap partisipasi politik pemilih yang membacanya.