ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN UNTUK MEMILIH APOTEK PATEN FARMA SEBAGAI TEMPAT MEMBELI OBAT

Main Authors: Heriana, Meli, A. Muluk , Alains
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2007
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/3089/1/I%2CII%2CIII-MEL-FE.pdf
http://repository.unib.ac.id/3089/2/IV%2CV-MEL-FE.pdf
http://repository.unib.ac.id/3089/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Untuk Memilih Apotek Paten Farma Sebagai Tempat Membeli Obat”. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh harga, lokasi, pelayanan, dan kelengkapan obat terhadap keputusan konsumen untuk memilih Apotek Paten Farma sebagai tempat membeli obat. Pengumpulan data diperoleh melalui data primer yang menggunakan tehnik Accidental Sampling. Sampel yang ditargetkan 80 responden. Kemudian menggunakan jenis penelitian survey serta menggunakan kuisioner dan pengamatan langsung ke perusahaan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Analisis kuantitatif menggunakan alat analisis regresi linier berganda, dan alat uji hipotesis digunakan alat uji t dan uji F serta digunakan uji validitas dan reliabilitas dengan tingkat Alpha Cronbach 0,60 atau lebih. Dari analisis kuantitatif diperoleh persamaan regresi sebagai berikut: Y = 0.657 + 0.473 X 1 + 0.389 X 2 + 0.242 X 3 + 0.328 X Selain persamaan tersebut diperoleh pula nilai sebagai berikut: R = 0,683 t 2 = 3,375 (X hit 1 ); 2,556 (X 2 ); 2,064 (X 3 ); 2,275 (X ) F hit 4 4 = 40,354 Dapat dijelaskan bahwa besarnya determinasi variabel harga, lokasi, pelayanan, dan kelengkapan obat adalah sebesar 68,3%. Nilai t yang yang lebih besar daripada t tabel hitung (1,671) menunjukkan adanya pengaruh variabel X terhadap variabel Y secara parsial. Nilai F hitung yang lebih besar daripada F (3,60) menunjukkan adanya pengaruh variabel X terhadap variabel Y secara bersama-sama. Berarti dapat disimpulkan bahwa variabel harga, lokasi, pelayanan, dan kelengkapan obat memberikan pengaruh yang positif terhadap keputusan konsumen untuk memilih Apotek Paten Farma sebagai tempat membeli obat. tabel