UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X3 SMA N 7 KOTA BENGKULU DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY-INQUIRY
Main Authors: | Asmayuni, Tetty, Irawati, Sri, Idrus, Irdam |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2007
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/2995/1/I%2CII%2CIII-TET-FKIP.pdf http://repository.unib.ac.id/2995/2/IV%2CV-TET-FKIP.pdf http://repository.unib.ac.id/2995/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran Biologi dengan metode Discovery-Inquiry dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X.3 SMA Negeri 7 Kota Bengkulu serta bagaimana aktifitas guru dan siswa dalam belajar mengajar dengan metode Discovery-Inquiry. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Adapun instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes. Analisis data observasi menggunakan rata-rata skor, skor tertinggi dan kisaran nilai untuk tiap kriteria, sedangkan lembar tes dianalisis dengan rumus persentase ketuntasan belajar klasikal. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini yaitu pada siklus I rata-rata skor observasi guru yaitu 25,5 dengan kriteria baik, rata-rata skor observasi siswa 11 dengan kriteria cukup, sedangkan untuk hasil tes diperoleh persentase ketuntasan belajar siswa belajar 59,4% (belum tuntas). Pada siklus II diperoleh rata-rata observasi guru yaitu 27 dengan kriteria baik, rata-rata skor observasi siswa 17 dengan kriteria baik sedangkan untuk hasil tes diperoleh persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 87,5% (tuntas). Maka, pembelajaran Biologi menggunakan metode Discovery-Inquiry dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa serta meningkatkan prestasi belajar siswa X.3 SMAN 7 Kota Bengkulu.