PENGARUH PERILAKU BERPINDAH (SWITCHING BEHAVIOR) TERHADAP KEPERCAYAAN MEREK (BRAND TRUST) DAN KESETIAAN PELANGGAN (CUSTOMER LOYALTY) PADA JASA HOSPITALITY (Pada Jasa Restoran/Rumah Makan, Hotel dan Rental Video)

Main Authors: Girsang, Pradono, Sularsih, Anggarawati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2007
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/2951/1/I%2CII%2CIII-PRA-FE.pdf
http://repository.unib.ac.id/2951/2/IV%2CV-PRA-FE.pdf
http://repository.unib.ac.id/2951/
Daftar Isi:
  • Jasa hospitality sebagai komponen tourism adalah pangsa pasar penting dan menjadi perhatian karena memberi nilai investasi seperti biaya perjalanan, sistem transportasi dan perkembangan bisnis. Penelitian ini dilakukan pada jasa restoran/rumah makan, hotel dan rental video, dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh perilaku berpindah pelanggan terhadap kepercayaan merek, pengaruh kepercayaan merek terhadap kesetiaan pelanggan dan pengaruh perilaku berpindah terhadap kesetiaan pelangan. Metode pengambilan sampel adalah accidental, dengan 144 orang responden. Metode analisis yang digunakan untuk menguji konstruk adalah analisis Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa perilaku berpindah mempengaruhi kepercayaan merek secara nyata dan negatif. Kesetiaan pelanggan dipengaruhi kepercayaan merek secara nyata dan positif dan perilaku berpindah secara tidak langsung mempengaruhi kesetiaan pelanggan namun melalui kepercayaan merek.