PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF (Cooperative Learning) TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SUHU DAN KALOR DI KELAS XI SMK NEGERI 2 BENGKULU

Main Authors: Irmawati, Irmawati, Fransiska, Connie , Sakti , Indra
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2007
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/2949/1/I%2CII%2CIII-IRM-FKIP.pdf
http://repository.unib.ac.id/2949/2/IV%2CV-IRM-FKIP.pdf
http://repository.unib.ac.id/2949/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan: (1) Meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran kooperatif (Cooperative Learning) tipe Team Games Tournament (TGT) pada konsep suhu dan kalor di kelas XI SMK Negeri 2 Bengkulu, (2) Meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran kooperatif (Cooperative Learning) tipe Team Games Tournament (TGT) pada konsep suhu dan kalor di kelas XI SMK Negeri 2 Bengkulu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TMO (Teknik Mesin Otomotif) SMK Negeri 2 Bengkulu sebanyak 40 orang siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Hasil penelitian yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan mengacu pada keaktivan siswa dan ketuntasan belajar siswa. Skor rata-rata aktivitas siswa pada siklus I adalah 47, siklus II 49, dan meningkat kembali pada siklus III 52,5 yang termasuk dalam kriteria baik. Hasil penelitian siklus I diperoleh untuk ketuntasan belajar kognitif 30,00% pada siklus I meningkat pada siklus II menjadi 65,00% dan 87,50% untuk siklus III. Hasil belajar aspek afektif siklus I memperoleh nilai rata-rata 86,50 meningkat pada siklus II menjadi 90,00 dan 94,50 untuk siklus III. Hasil belajar aspek psikomotor siklus I memperoleh nilai rata-rata 89,79 meningkat pada siklus II menjadi 91,04 dan 95,00 pada siklus III.