PENGARUH PERSEPSI KONSUMEN ATAS SUMBER PESAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (IKLAN TV PRODUK MOTOR YAMAHA) DI KOTA BENGKULU

Main Authors: Donal , Donal , Sularsih , Anggarawati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2007
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/2751/1/I%2CII%2CIII-DON-FE.pdf
http://repository.unib.ac.id/2751/2/IV%2CV-DON-FE.pdf
http://repository.unib.ac.id/2751/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul Pengaruh Persepsi Konsumen atas Sumber Pesan terhadap Keputusan Pembelian (Iklan TV Produk Motor Yamaha). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi konsumen atas sumber pesan terhadap keputusan pembelian Motor Yamaha di Kota Bengkulu. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian survey. Data yang digunakan adalah data primer yang dikumpulkan dengan metode kuesioner. Sampel yang ditargetkan sebanyak 100 orang yang diambil dengan teknik Accidental Non Probability Sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis Regresi Linier Sederhana dengan derajat kepercayaan 95% atau 05,0=a . Hasil Penelitian menunjukkan bahwa persepsi konsumen atas sumber pesan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian Motor Yamaha dengan nilai Sig = 0,000 < 05,0=a dan F hitung = 69,326 > F tabel = 3,94. Persamaan regresi yang terbentuk adalah Y = - 4,389 + 0,269 X , yang berarti bahwa variabel persepsi konsumen atas sumber pesan memberikan pengaruh yang positif terhadap keputusan pembelian. Apabila variabel persepsi konsumen atas sumber pesan naik satu satuan, maka variabel keputusan pembelian akan meningkat sebesar satu satuan. Tanda negatif pada konstanta artinya apabila variabel persepsi konsumen atas sumber pesan tidak ada maka akan menurunkan keputusan pembelian. Besarnya koefesien determinasi (RSquare) yang menjelaskan variable keputusan pembelian oleh persepsi konsumen atas sumber pesan adalah 41,4%.