PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN MEDIA KARTU KERJA KIMIA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA
Main Authors: | Julianza Putra, Dicky, Amrul, Bahar, Salastri, Rohiat |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/2564/1/Dicky%20Julianza.pdf http://repository.unib.ac.id/2564/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kimia siswa dalam proses pembelajaran melalui pembelajaran kooperatif dengan media kartu kerja kimia pada kelas XB semester I pokok bahasan ikatan kimia di SMAN 4 Kota Bengkulu tahun ajaran 2008/2009. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus, dimana setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Instrument tes yang digunakan adalah lembar tes (postest). Data diolah dengan menggunakan teknik analisis kuantitatif sederhana yaitu nilai total setiap siswa, nilai rata-rata, persentase daya serap, ketuntasan belajar, rata-rata skor observer dan kuisioner siswa. Berdasarkan analisa dan pembahasan diperoleh hasil bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif dengan media kartu kerja kimia ini dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kimia siswa. Hal ini dapat dilihat pada (1) nilai rata-rata siswa adalah siklus I dengan nilai 61,83, siklus II dengan nilai 68,17 dan siklus III dengan nilai 72,80 (2) daya serap siswa yaitu pada siklus I dengan skor 61,83%, siklus II dengan skor 68,17% dan siklus III dengan skor 72,80% (3) ketuntasan belajar siswa adalah siklus I dengan skor 56,10%, siklus II dengan skor 78,05% dan pada siklus III dengan skor 90,24% (4) aktivitas siswa siklus I dengan skor 23,5 (Baik), siklus II dengan skor 26 (Baik) dan siklus III dengan skor 28,5(Baik).