UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS XI IPA II SMA NEGERI 4 KOTA BENGKULU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION DENGAN PENGAJARAN TEAM TEACHING

Main Authors: Dian, Amrus, Amrul, Bahar, Dewi, Handayani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/2562/1/AMRUS%20SKRIPSI%20PDF-2.pdf
http://repository.unib.ac.id/2562/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI IPA II SMAN 4 Bengkulu dengan menerapkan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction Dengan Pengajaran Team Teaching. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa dengan menerapkan model pembelajaran ATI dengan pengajaran Team Teaching. 2) meningkatkan keaktifan siswa dengan menerapkan model pembelajaran ATI dengan pengajaran Team Teaching. Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus. Dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi, 4) refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan lembar observasi. Dari analisis data hasi belajar untuk siswa berkemampuan tinggi ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 73.33 %, siklus II sebesar 76.92 % dan siklus III sebesar 86,61. Keaktifan siswa pada siklus I sebesar 13 (kriteria cukup), siklus II sebesar 16 (kriteria baik) dan siklus III sebesar 17.5 (kriteria baik). Untuk siswa berkemampuan sedang ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 84,61 %, siklus II sebesar 86.66 % dan siklus III sebesar 92.30 %. Keaktifan siswa pada siklus I sebesar 17 (kriteria cukup), siklus II sebesar 22 (kriteria baik) dan siklus III sebesar 23 (kriteria baik). Untuk siswa berkemampuan rendah ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 75.61 %, siklus II sebesar 85.36 % dan siklus III sebesar 87.80 %. keaktifan siswa pada siklus I sebesar 27.5 (kriteria baik), siklus II sebesar 31 (kriteria baik) dan siklus III sebesar 31 (kriteria baik). Berdasarkan analisis deskripsi tersebut dapat dikatakan bahwa model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction Dengan Pengajaran Team Teaching efektif diterapkan dalam proses pembelajaran