UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN INTERPERSONAL DENGAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL
Main Authors: | Zulpahran, Zulpahran, Amrul, Bahar, Salastri, Rohiat |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/2560/1/skripsi%20zulpahran-2.pdf http://repository.unib.ac.id/2560/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research).tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan pendekatan interpersonal dengan metode diskusi kelompok kecil dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas Xb SMA Negeri 9 Kota Bengkulu pada pokok bahasan tata nama senyawa serta persamaan reaksi. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus yaitu siklus I, siklus II, dan siklus III. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi dan tes. Data tes dianalisis dengan teknik analisa data yang menggunakan rumus dari rata-rata nilai, ketuntasan belajar secara klasikal, daya serap klasikal. Sedangkan data observasi terdiri dari observasi aktivitas guru dan data observasi aktivitas siswa yang dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata skor dan interval skor.berdasarkan analisa pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan interpersonal dengan metode diskusi kelompok kecil dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Peningkatan ini dapat dilihat dari hasil tes siswa, pada siklus I rata-rata nilai 57,75 (daya serap 57,75 %) dan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 27,5 %. Pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh adalah 74,75 (daya serap 74,75 %) dan ketuntasan belajar secara klasikal adalah 82,5 %. Nilai rata-rata pada siklus III yaitu 78,75 (daya serap 78,75 %) dan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 95 %. Pada aktivitas guru diperoleh data yaitu siklus I denga skor rata-rata 20,5 (cukup), siklus II dengan skor 30 (cukup), siklus III dengan skor 34 (baik).