HUBUNGAN ANTARA KEBERMAKNAAN CARA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA SMAN 6 KOTA BENGKULU

Main Authors: Sastria Mandala, Mega, Diah , Aryulina, Bambang, Sahono
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/2548/1/MEGA%20SASTRIA%20MANDALA-2.pdf
http://repository.unib.ac.id/2548/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar dan cara belajar biologi serta hubungan antara cara belajar dan hasil belajar biologi pada siswa SMAN 6 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi, dengan populasi seluruh siswa kelas X, XI IPA, dan XII IPA SMAN 6 Kota Bengkulu tahun ajaran 2008/2009. Sampel penelitian dipilih secara acak berstrata (stratified random sampling). Instrumen yang digunakan adalah tes dan angket. Data dianalisis dengan menghitung rata-rata, standar deviasi, persentase siswa, dan korelasi Pearson Product Moment. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar biologi siswa SMAN 6 Kota Bengkulu secara keseluruhan tergolong dalam kategori baik, dengan rata-rata nilai 70 dan standar deviasi sebesar 12,1. Kebermakanaan cara belajar biologi siswa SMAN 6 Kota Bengkulu secara keseluruhan tergolong dalam kategori kurang bermakna dengan rata-rata skor skor 67 dan standar deviasi sebesar 8,7. Berdasarkan hasil uji korelasi Pearson Product Moment pada taraf signifikan 5% dengan jumlah sampel 120 (N=120) diperoleh rhitung sebesar – 0,148. Hasil tersebut lebih kecil dibandingkan rtabel yaitu 0,176 sehingga Ha ditolak, atau tidak ada hubungan antara kebermaknaan cara belajar dengan hasil belajar biologi pada siswa SMAN 6 Kota Bengkulu.