MOTIVATION THAT INFLUENCES ENGLISH EDUCATION STUDY PROGRAM STUDENTS TO CHOOSE THEIR PROGRAM
Main Authors: | Putri, Wulan Suwarto, Hilda, Puspita, Gita , Mutiara Hati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/2503/1/I%2CII%2CIII%2C2-13-wul.FI.pdf http://repository.unib.ac.id/2503/2/IV%2CV%2CLAMP%2C2-13-wul.FI.pdf http://repository.unib.ac.id/2503/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki motivasi yang mempengaruhi sisa dalam memilih program study pendidikan bahasa Inggris di Universitas Bengkulu. Peneliti menggunakan metode deskriptif. Populasi atau objek yang diteliti adalah semua siswa program study pendidikan bahasa Inggris di Universitas Bengkulu. Jumlah siswanya adalah 242 siswa. Peneliti mengambil data dari semua mahasiswa program study pendidikan bahasa Inggris tetapi hanya 53 kuesioner yang dikembalikan oleh responden. Instrumen yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah kuesioner dan wawancara. Kuesioner terdiri dari 35 item yang diorganisasikan berdasarkan variabel motivasi yang mempengaruhi sisa dalam memilih program study pendidikan bahasa Inggris dan dalam penyusunan kuesioner,peneliti dibantu oleh dosen program study Bimbingan Konseling yang ahli dalam bidangnya. Motivasi yang mempengaruhi disini adalah ekstrinsik motivasi, intrinsik motivasi, instrumental motivasi, dan integratif motivasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi yang mempengaruhi siswa untuk memilih program study pendidikan bahasa Inggris di Universitas Bengkulu adalah motivasi Instrumental. Ditemukan 16 siswa (27%) pada hasil motivasi instrumental. 14 siswa (26%) pada motivasi integratif, 11 siswa (22%) pada motivasi ekstrinsik, dan 12 siswa (25%) pada motivasi instrinsik.