PENGEMBANGAN PROTOTIPE MEDIA TRANSPARANSI WARNA BERPOLA INDUKTIF UNTUK PEMBELAJARAN KONSEP STRUKTUR DAN FUNGSI ORGAN MANUSIA DI SMA
Main Authors: | Maya Sari, Eka, Diah , Aryulina, Johanes, Sapri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/2497/1/EKA%20MAYA%20SARI-2.pdf http://repository.unib.ac.id/2497/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan prototipe media transparansi warna berpola induktif untuk pembelajaran konsep Struktur dan Fungsi Organ Manusia sebagai media pembelajaran Biologi di Sekolah Menengah Atas. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pengembangan draf produk dan tahap validasi oleh guru. Subjek wawancara terdiri atas tiga orang guru dan subjek untuk validasi media ini adalah 14 guru biologi SMA di kota Bengkulu. Instrumen validasi media berupa lembar validasi berbentuk skala penilaian dengan kategori sangat baik, baik, cukup, kurang dan sangat kurang. Lembar penilaian dianalisis menggunakan rata-rata skor dan persentase skor penilaian prototipe media transparansi warna berpola induktif. Tahap perencanaan pada penelitian ini menghasilkan rincian materi dari materi pokok Sistem Gerak pada Manusia dan Sistem Peredaran Darah. Tahap pengembangan menghasilkan sebuah produk yaitu media transparansi warna berpola induktif. Pada materi pokok Sistem Gerak dihasilkan adalah 28 set transparansi sedangkan pada materi pokok Sistem Peredaran Darah dihasilkan 19 set transparansi. Transparansi warna berpola induktif pada masing-masing set terdiri atas dua lembar transparansi. Pada lembar pertama transparansi terdiri atas gambar dan keterangan gambar dan pada lembar kedua terdiri atas konsep yang telah dibuat dalam pola induktif. Dalam satu set transparansi teknik penggunaannya yaitu dengan menggunakan teknik tumpang tindih, artinya transparansi lembar pertama ditindih dengan transparansi lembar kedua. Penilaian guru untuk media transparansi warna berpola induktif ini dinilai baik dengan rerata skor 29,4. Dari delapan aspek penilaian, tujuh aspek penilaian yaitu relevansi gambar dengan tujuan, ketepatan gambar, kejelasan gambar, relevansi tulisan dengan tujuan, ketepatan tulisan dengan konsep, ketepatan dengan pola induktif, dan kemudahan dinilai baik, sedangkan kejelasan tulisan dilihat dari jarak 7 meter dinilai cukup.