AN ANALYSIS OF MISUSED ARTICLES IN STUDENTS‟ THESES OF ENGLISH EDUCATION STUDY PROGRAM OF UNIVERSITAS BENGKULU

Main Authors: Lupikartika, Triyanti, Kasmaini, Kasmaini, Safnil, Safnil
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/2496/1/IV%2CV%2CLAMP%2C2-13-tri.FI.pdf
http://repository.unib.ac.id/2496/2/I%2CII%2CIII%2C2-13-tri.FI.pdf
http://repository.unib.ac.id/2496/
Daftar Isi:
  • Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisa tiga tipe kesalahan dalam penggunaan kata sandang yang ditemukan pada skripsi mahasiswa. Ketiga tipe tersebut adalah kesalahan dalam penambahan kata sandang, kesalahan dalam penghilangan kata sandang, dan kesalahan dalam penggantian kata sandang. Subjek penelitian ini adalah 40 bagian “Pembahasan” pada skripsi yang ditulis mahasiswa program studi Bahasa Inggris tahun ajaran 2011/2012. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode dokumentasi dan checklist. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dalam tipe kesalahan penambahan, kesalahan terbanyak adalah penggunaan kata sandang “the” (93.60%). Dalam tipe kesalahan penghilangan, dominan kesalahan adalah penggunaan kata sandang “the” (93.26%). Terakhir, dalam tipe kesalahan penggantian, kata sandang “the” juga menjadi kesalahan terbanyak yang terjadi (48.00%). Diantara ketiga tipe kesalahan penggunaan kata sandang tersebut, frekuensi terbesar adalah pada kesalahan penghilangan (65.28%). Total kesalahan penggunan kata sandang “the” yang ditemukan pada skripsi mahasiswa adalah 432. Hal ini menunjukkan mahasiswa masih mengalami kesulitan dalam menggunakan kata sandang yang tepat dalam penulisan skripsin mereka.