IMPROVING STUDENTS’ READING COMPREHENSION BY USING INQUIRY-BASED LEARNING AT THE 8TH GRADE OF SMP N 7 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Sari, Rita Purnama, Wisma, Yunita, Gita , Mutiara Hati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/2486/1/IV%2CV%2CLAMP%2C2-13-rit.FI.pdf http://repository.unib.ac.id/2486/2/I%2CII%2CIII%2C2-13-rit.FI.pdf http://repository.unib.ac.id/2486/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan apakah Inquiry Based Learning Strategi dapat meningkatkan pemahaman siswa membaca dan faktor yang meningkatkan pemahaman siswa membaca pada siswa kelas 8A SMPN 7 Kota Bengkulu tahun akademik 2012-2013. Subyek penelitian ini adalah 32siswa, terdiri dari 15 laki-laki dan 17 perempuan. Instrumen penelitian ini adalah tes pemahaman membaca, ceklis observasi siswa dan guru dan catatan lapangan dan wawancara. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yaitu rencana, tindakan, mengamati, dan merefleksikan. Tes diberikan pada akhir setiap siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan Inquiry Based Learning strategi dapat meningkatkan pemahaman membaca pada siswa. Ada 34,37% siswa yang mencapai standar nilai >65 di siklus 1 dan meningkat ke 75% di siklus 2. Peningkatan ini dipengaruhi oleh Inquiry Based Learning Strategy, media dan materi yang dipilih, dan aktivitas guru dalam proses belajar mengajar.