AN ANALYSIS OF STUDENTS’ ERRORS IN CONSTRUCTING WH-QUESTION AT FIRST GRADE STUDENTS OF SMPN 21 BENGKULU ACADEMIC YEAR 2012/2013

Main Authors: Andriani, Novia, Kasmaini, Kasmaini, Zahrida, Zahrida
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/2430/1/I%2CII%2CIII%2C2-13-nov.FI.pdf
http://repository.unib.ac.id/2430/2/IV%2CV%2CLAMP%2C2-13-nov.FI.pdf
http://repository.unib.ac.id/2430/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan tipe – tipe kesalahan dalam membuat pertanyaan 5W + 1H pada siswa tingkat pertama SMP Negeri 21 Bengkulu. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa tingkat pertama SMP Negeri 21 Bengkulu. Teknik pengambilan data menggunakan tes dan wawancara siswa. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa tipe – tipe kesalahan yang dibuat siswa dalam membuat kalimat tanya 5W + 1H adalah kesalahan penghilangan, kesalahan penambahan, kesalahan informasi, dan kesalahan penyusunan. Diantara keempat tipe kesalahan tersebut, kesalahan yang paling besar adalah kesalahan penghilangan (58.50%). Pada tipe kesalahan penghilangan, kesalahan yang paling sering terjadi adalah penghilangan auxiliary (80.35). Pada tipe kesalahan penambahan, kesalahan yang paling sering terjadi adalah penandaan ganda (86.70%). Pada tipe kesalahan pemahaman, kesalahan yang paling sering terjadi adalah kesalahan kata tanya (73.50%). Pada tipe kesalahan penyusunan, kesalahan paling banyak adalah kesalahan dalam meletakkan kata tanya (94.64%). Total kesalahan dalam membuat kalimat tanya 5W + 1H adalah 870 kali. Hal ini menunjukkan siswa masih mengalami kesulitan dalam membuat kalimat tanya 5W +1 H.