STUDI DESKRIPTIF KENDALA GURU DALAM PENILAIAN HASIL BELAJAR FISIKA BERDASARKAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI KOTA BENGKULU

Main Authors: Asri, Sadikin, Rohadi, Nyoman, Sakti, Indra
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2006
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/2387/1/I%2CII%2CIII-SAD-FKIP.pdf
http://repository.unib.ac.id/2387/2/IV%2CV-SAD-FKIP.pdf
http://repository.unib.ac.id/2387/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kendala guru dalam penilaian hasil belajar fisika yang berdasarkan kurikulum berbasis kompetensi di Sekolah Menengah Atas Negeri Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survey yang bertujuan untuk menggambarkan secara sistematik dan ukuran serta karakteristik mengenai populasi atau bidang tertentu. Jumlah guru fisika yang dilibatkan dalam penelitian ini sebanyak 18 orang guru. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Jenis angket yang digunakan adalah angket dengan jawaban tertutup. Data dianalisis dengan menggunakan rumus validitas korelasi product moment dan reliabilitas dengan rumus Alpha cronbach. Data hasil ditampilkan dengan tebel frekuensi dan penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala guru dalam melakukan penilaian hasil belajar fisika berdasarkan KBK pada (a) aspek kognitif, guru mengalami kendala di dalam menyusun test, menyesuaikan waktu evaluasi, membuat bentuk penilaian yang adil, banyaknya jumlah siswa, kurang tersedianya bahan/literatur, dan pengalokasian waktu. (b) Pada aspek afektif, guru mengalami kendala di dalam membuat penilaian yang dapat mengungkapkan sikap siswa, jumlah siswa yang banyak, dan waktu yang dibutuhkan banyak. (c) Pada aspek psikomotor, guru mengalami kendala dalam membuat alat penilaian, tidak tersedianya alat praktikum, jumlah siswa yang terlalu banyak dan waktu yang sangat sedikit.