ANALISIS FAKTOR-FAKTOR MARKETING MIX YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN MEMBELI PRODUK ELEKTRONIK PADA SPEKTRA BENGKULU

Main Authors: Triansyah, Redo, Soengkono, Soengkono
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/2320/1/Redo%20PDF.pdf
http://repository.unib.ac.id/2320/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keputusan konsumen membeli produk elektronik pada Spektra Bengkulu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survey yaitu penelitian yang mengambil sampel dari suatu populasi yang menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui kuesioner dan data sekunder yang berupa laporan, referensi dan dokumen pada Spektra Bengkulu. Populasi dalam penelitian adalah seluruh konsumen yang membeli produk elektronik pada Spektra Bengkulu secara kredit. Metode pengambilan sampel digunakan adalah accidental sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis faktor. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil bahwa : (1) Reduksi terhadap 20 faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen membeli produk elektronik pada Spektra Bengkulu, menghasilkan 5 (lima) faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen. Kelima faktor tersebut adalah: faktor produk, faktor harga, faktor lokasi toko, faktor kebutuhan dan layanan, dan faktor kelompok acuan dan promosi; dan (2) Kontribusi kelima faktor tersebut secara bersama-sama menunjukkan akumulasi pengaruh pada keputusan konsumen dalam membeli produk elektronik pada Spektra Bengkulu sebesar 69,5% sedangkan selebihnya adalah adanya pengaruh faktor lain di luar kelima faktor tersebut. Dari hasil penelitian dan didasarkan pada kesimpulan yang ada, maka dapat dikemukakan beberapa saran : (1) Faktor kelompok acuan dan promosi sangat dominan pengaruhnya terhadap keputusan konsumen membeli produk elektronik pada Spektra Bengkulu. Oleh sebab itu, perlu peningkatan promosi-promosi penjualan seperti periklanan, personal seling, dan mouth to mouth; (2) Mengingat segmen pelanggan produk elektroni di Bengkulu adalah berasal dari kalangan menengah ke atas dengan tingkat penghasilan yang relatif baik, pada pengusaha produk elektronik harus berusaha menunjukkan layanan yang cepat dan menyediakan produk-produk yang berkualitas sehingga dapat memenuhi keinginan konsumen; dan (3) Untuk penelitian lebih lanjut agar dikembangkan dengan mengamati variabel-variabel baru selain yang telah dilakukan dalam penelitian ini atau pada aspek perilaku konsumsi maupun preferensi konsumen pada produk elektronik pada beberapa periode tertentu.