PERSEPSIKONSUMEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN HOTEL SAMUDERA DWINKA BENGKULU

Main Authors: Fitria Ningsi, Mimi, A. Muluk , Alains
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/2259/1/YANTI%20OKTARINA%20FE-2.pdf
http://repository.unib.ac.id/2259/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap kuaiitas pelayanan yang diberikan oleh Hotel Samudera Dwinka Bengkulu Penelitian ini merupakan jenis penelitian survey yaitu penelitian yang mengambil sampel dari suatu populasi yang menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpul data. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui kuisioner dan data sekunder yang berupa laporan, .aferensi dan dokumen pada Hotel wisata Bengkulu. Populasi dalam penelitian adalah seluruh konsumen yang menggunakan jasa pelayanan Hotel wisata Bengkulu. Metode pengambilan sampel digunakan adalah accidentaf sampling. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan rata-rata dan persentase serta analisis SWOT. Berdauirkan hasil analisis data diperoleh hasil bahwa : 1) Jawaban Responden berada pada angka 3,19 atau cukup setuju atas pertanyaan. yang diajukan untuk mengukur dimensi bukti fisik; 2) Jawaban Responden terhadap dirnensi Icehandalan berada pada angka 3,9 atau sangat setuju atas pernyataan yang diajukan seputar dimensi kehandalan; 3) Jawaban responden berada pada angka 3,55 atau setuju atas pertanyaan yang diajukan seputar duvensi daya tanggap kuaiitas pelayanan; 4) Jawaban Responden setuju terhadap dimensi janiinan (3,29), Responden menganggap bahwa karyawan Hotel Samudra Dwinka Bengkulu telah cukup memiliki pengalaman dan kemampuan yang memadai, mampu menciptakan rasa aman kepada pelanggan, dan telah memberikan pelayanan kepada pelanggan dengan sabar; 5) Responden menyatakan. bahwa kuaiitas pelayanan ditinjau dari aspek empati sudah cukup baik (3.27). Artiuya karyawan Hotel Samudra Dwinka Bengkulu telah memahami kebutuhan pelayanan yang diharapkan tamu (pelanggan), pegawai mendahulukan kepentingan tamu, dan pegawai memberikan perhatian kepada setiap tamu/'pelanggan; dan 6) Berdasarkan analisis SWOT yang diiakukan, diperoleh bahwa . ada 10 kekuatan, 2 ancaman, 2 kelemahan, dan 1 peluang.