AN ANALYSIS OF STUDENTS’ ABILITY IN IDENTIFYING INDEPENDENT AND DEPENDENT CLAUSES IN SENTENCES (A Study of the Second Semester Students at the English Education Study Program University of Bengkulu in the 2012/2013 Academic Year)
Main Authors: | Pratiwi, Meita, Syafrizal, Syafrizal, Kasmaini, Kasmaini |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/2165/1/I%2CII%2CIII%2C2-13-mei.FI.pdf http://repository.unib.ac.id/2165/2/IV%2CV%2CLAMP%2C2-13-mei.FI.pdf http://repository.unib.ac.id/2165/3/IV%2CV%2CLAMP%2C2-13-mei.FI.pdf http://repository.unib.ac.id/2165/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris semester dua dalam mengidentifikasi induk kalimat dan anak kalimat dalam suatu kalimat. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Populasi dari penelitian ini mahasiswa semester dua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang berjumlah 36 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara. Tes terdiri atas 50 soal, dimana siswa harus mengidentifikasi setiap induk dan anak kalimat yang ada pada tiap kalimat. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa, dari 36 siswa tidak ada satu orang pun yang dapat dikategorikan pada kategori sangat baik. Sedangkan, 7 siswa atau 19,4% termasuk kategori baik, 17 siswa atau 47,2% dikategorikan cukup baik, 10 siswa atau 27,2% dalam kategori rendah dan siswa yang termasuk dalam kategori gagal ada 2 siswa atau 5,5%. Dari hasil penelitian juga menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa adalah 64 atau cukup baik. Kesimpulannya, kemampuan mahasiswa semester dua dalam mengidentifikasi induk kalimat dan anak kalimat dalam suatu kalimat adalah cukup baik. Kesulitan siswa dalam mengidentifikasi induk kalimat dan anak kalimat adalah siswa sering kali merasa bingung untuk mengidentifikasi kalimat yang panjang dan rumit, dan mereka juga tidak mengetahui kata-kata sambung yang biasanya digunakan untuk setiap anak kalimat.