IMPROVING STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY BY USING WORD WALL AT THE THIRD GRADE OF SDN 86 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Rosaliya, Viyola, Kasmaini, Kasmaini, Safnil, Safnil |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/2151/1/IV%2CV%2CLAMP%2C2-13-viy.FI.pdf http://repository.unib.ac.id/2151/2/I%2CII%2CIII%2C2-13-viy.FI.pdf http://repository.unib.ac.id/2151/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan apakah media pembelajaran Word Wall dapat meningkatkan penguasaan siswa terhadap perbendaharaan kata dan faktor yang meningkatkan penguasaan siswa terhadap perbendaharaan kata pada siswa kelas III SDN 86 Kota Bengkulu tahun akademik 2012/2013. Subyek penelitian ini adalah 35siswa, terdiri enam belas (16) laki-laki dan sembilan belas (19) perempuan. Instrumen penelitian ini adalah tes perbendaharaan kata, ceklis observasi siswa dan catatan lapangan, ceklis observasi guru dan catatan lapangan dan wawancara. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yaitu rencana, tindakan, mengamati, dan merefleksikan. Tes evaluasi diberikan pada akhir setiap siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan Word Wall media dapat meningkatkan penguasaan perbendaharaan kata pada siswa. Ada 77,14% siswa mencapai kriteria atau mendapat skor ≥68. Peningkatan ini dipengaruhi oleh sikap siswa terhadap materi, media, dan aktivitas yang disajikan dan kefokusan guru dalam membimbing para siswa.