ANALISA PERBEDAAN PENERAPAN MARKET ORIENTATION BERDASARKAN PENDAPATAN BERSIH PENGUSAHA KECIL SEKTOR PERDAGANGAN DI KOTA BENGKULU
Main Authors: | Julian , Suman, Lizar , Alfansi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2006
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/2150/1/I%2CII%2CIII-SUM-FE.pdf http://repository.unib.ac.id/2150/2/IV%2CV-SUM-FE.pdf http://repository.unib.ac.id/2150/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari perbedaan penerapan market orientation (orientasi pasar) antara pedagang kecil yang memiliki pendapatan rendah, menengah, dan tinggi serta mencari variabel-variabel market orientation yang paling membedakan dari ketiga tipe pengusaha kecil sektor perdagangan tersebut. Data yang digunakan diperoleh dari 75 responden melalui penyebaran 100 kuisioner dengan sampel pedagang kecil di Kota Bengkulu. Data ini selanjutnya diolah dengan metode analisis diskriminan dalam program SPSS dan menghasilkan 4 (empat) variabel yang paling membedakan ketiga tipe pengusaha kecil sektor perdagangan tersebut diantara 23 variabel market orientation. Keempat variabel tersebut adalah variabel kelemahaan pesaing sebagai peluang usaha, diskusi tentang pesaing, pelayanan konsumen sebagai target utama, dan hubungan dengan institusi tertentu dalam pemasaran.Dari hasil penelitian ini diharapkan pengusaha kecil yang bergerak di sektor perdagangan dapat terus mengembangkan strategi kearah orientasi pasar menjadi lebih baik dengan berpijak pada 4 (empat) variabel diatas guna pencapaian pendapatan bersih yang optimal.