Analisis Pengaruh Price Earning Ratio (PER), Price To Book Value (PBV), Market Value Added (MVA) dan Beta Terhadap Expected Return Saham Pada Sektor Industri Retail Periode 1997-2001

Main Authors: Venni S , Resnawati , Iskandar , Zulkarnain S
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2006
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/2132/1/IV%2CV-RES-FE.pdf
http://repository.unib.ac.id/2132/2/I%2CII%2CIII-RES-FE.pdf
http://repository.unib.ac.id/2132/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengidentifikasi pengaruh antara PER, PBV, MVA dan Beta terhadap expected return saham pada sektor industri retail periode 1997-2001, (2) Mendapatkan gambaran perilaku investor dalam menilai kemampuan kinerja perusahaan terhadap expected return saham. Penelitian ini menggunakan data 42 perusahaan industri retail yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta dengan periode pengamatan tahun pengamatan 1997-2001. Dengan metode pengambilan sampel yaitu dengan tehnik purposive sampling. Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini antara lain : Nilai buku equitas, Nilai pasar equitas, harga saham penutupan akhir tahun, indeks harga saham gabungan (IHSG). Data tersebut diperoleh dari laporan keuangan dan Indonesian Capital Market Directory (ICMD). Hasil penelitian ini dengan menggunakan regresi berganda diperoleh bahwa price earning ratio (PER), dan beta berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap expected return saham, price to book value (PBV) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap expected return saham, serta market value added (MVA) berpengaruh positif dan signifikan terhadap expected return saham.