STUDENTS’ PERCEPTION TOWARDS ENGLISH LEARNING APPLICATIONS ON MOBILE PHONES FOR SUPPLEMENTARY ENGLISH LEARNING ACTIVITIES A Study at SMAN 5 Bengkulu City

Main Authors: Arijayanti, Dwi, Safnil, Safnil, Kasmaini, Kasmaini
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/2114/1/I%2CII%2CIII%2C2-13-dwi.FI.pdf
http://repository.unib.ac.id/2114/2/IV%2CV%2CLAMP%2C2-13-dwi.FI.pdf
http://repository.unib.ac.id/2114/
Daftar Isi:
  • Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa terhadap aplikasi pembelajaran bahasa Inggris pada handphone untuk digunakan sebagai aktivitas belajar tambahan bahasa Inggris di SMA.N 5 Kota Bengkulu. Pada penelitian ini terdapat dua aspek yang diteliti atau diinvestigasi, yaitu persepsi mahasiswa terhadap aplikasi pembelajaran bahasa Inggris pada handphone untuk digunakan sebagai aktivitas belajar tambahan bahasa Inggris didalam meningkatkan penguasaan kosa kata dan persepsi mahasiswa terhadap aplikasi pembelajaran bahasa Inggris pada handphone untuk digunakan sebagai aktivitas belajar tambahan bahasa Inggris didalam meningkatkan kemampuan menulis. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menyajikan beberapa data kualitatif dan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa di SMA.N 5 Kota Bengkulu kelas 1 dan kelas 2. Total populasi adalah 214 siswa yang memiliki ponsel pintar Blackberry dan Android dan sampelnya adalah 10% dari total jumlah populasi atau sekitar 21 siswa. Data pada penelitian ini diambil menggunakan kuesioner. Data ini dianalisis dan diolah menggunakan rumus presentase. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara umum mahasiswa memiliki persepsi positif terhadap aplikasi pembelajaran bahasa Inggris pada handphone untuk digunakan sebagai aktivitas belajar tambahan bahasa Inggris; (1) 98, 09% siswa memiliki persepsi positif terhadap aplikasi pembelajaran bahasa Inggris pada Handphone untuk digunakan dalam meningkatkan penguasaan kosa kata, dan 1,9% memiliki persepsi negative; & (2) 95,23% siswa memiliki persepsi positif terhadap aplikasi pembelajaran bahasa Inggris pada handphone dalam meningkatkan kemampuan menulis, dan 3,80% siswa memiliki persepsi negatif. Hal ini membuktikan bahwa aplikasi pembelajaran bahasa Inggris pada handphone dibutuhkan untuk aktivitas belajar tambahan bahasa Inggris. Oleh Karena itu, hal ini disarankan agar siswa menggunakan aplikasi itu untuk aktivitas beajar tambahan mereka dan untuk memanfaatkan pengintegrasian handphone dalam pembelajaran bahasa Inggris.