HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN (IQ) DENGAN KEMAMPUAN BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI.IPA SMAN 1 KOTA BENGKULU

Main Authors: Astuti, Asmi, Nirwana, Nirwana, Rohadi, Nyoman
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2006
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/2109/1/I%2CII%2CIII-ASM-FKIP.pdf
http://repository.unib.ac.id/2109/2/IV%2CV-ASM-FKIP.pdf
http://repository.unib.ac.id/2109/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan (IQ) siswa kelas XI.IPA SMAN 1 Kota Bengkulu, untuk mengetahui kemampuan belajar fisika siswa kelas XI.IPA SMAN 1 Kota Bengkulu, hubungan antara kecerdasan (IQ) dengan kemampuan fisika siswa kelas XI.IPA SMAN 1 Kota Bengkulu, dan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan antara kecerdasan (IQ) dengan kemampuan belajar fisika siswa kelas XI.IPA SMAN 1 Kota Bengkulu. Instrumen pengambilan data tes IQ diambil dari arsip yang ada disekolah dan data kemampuan fisika diperoleh melalui tes, data dianalisis dengan cara menggunakan regresi liniear sederhana dan regresi ganda pada taraf signifikan 5%, dengan menggunakan program excel. Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kecerdasan (IQ) dengan kemampuan belajar fisika digunakan analisis korelasi product moment dan untuk melihat perbedaan aspek kemampuan belajar fisika digunakan anova satu jalan. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata (1). Tingkat kecerdasan (IQ) siswa dalam kategori atau kelompok sedang sebesar 70,00%. (2). Kemampuan belajar fisika yang meliputi aspek kemampuan verbal, kemampuan gambar, dan kemampuan numeric dalam kategori atau kelompok sedang sebesar 65,71%. (3). Ada hubungan antara kecerdasan (IQ) dengan kemampuan belajar fisika. (4). Ada perbedaan yang signifikan antara kecerdasan (IQ) dengan kemampuan belajar fisika yang dilihat dari perbedaan kemmapuan verbal, kemmapuan gambar, dan kemampuan numerik pada siswa yang memiliki IQ cerdas sekali, IQ cerdas dan IQ sedang.