TEACHERS’ INSTRUCTION IN TEACHING ENGLISH AT SMAN OF BENGKULU TOWN

Main Authors: Purnamasari, Dian, Rudi , Afriazi, Kasmaini, Kasmaini
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/2105/1/IV%2CV%2CLAMP%2C2-13-dia.FI.pdf
http://repository.unib.ac.id/2105/2/I%2CII%2CIII%2C2-13-dia.FI.pdf
http://repository.unib.ac.id/2105/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul Instruksi Guru dalam Mengajar Bahasa Inggris di SMAN 6 Kota Bengkulu. Skripsi ini merupakan penelitian deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis instruksi yang digunakan oleh guru bahasa Inggris dalam mengajar bahasa Inggris. Subjek penelitian ini adalah 3 guru bahasa Inggris yang mengajar di kelas X dan XI di SMAN 6 Kota Bengkulu. Data diperoleh dengan menggunakan checklist pengamatan untuk masing-masing guru bahasa Inggris selama 3 (tiga) kali pertemuan, selama ± 90 menit dan interview siswa disetiap kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah checklist pengamatan dan interview. Cheklist pengamatan dalam penelitian ini berdasarkan teori dari Echevaria dan Graves (2007). Persentasi instruksi guru Bahasa Inggris dalam mengajar bahasa Inggris dihitung menggunakan rumus persentasi seperti yang disarankan Arikunto. Penelitian ini menunjukkan bahwa instruksi guru yang dominan digunakan di aspek persiapan adalah menggunakan isi materi yang sesuai dengan umur dan tingkat latar belakang pendidikan siswa 12,96% dan instruksi yang mempuntai persentase terendah adalah di evaluasi aspek yaitu evaluasi pemahaman kata kunci dengan total skor (0.74%). Bisa disimpulkan bahwa hampir semua instruksi sekitar 28 sampai 30 instruction digunakan oleh tiga guru bahasa inggris di SMAN 6 kota Bengkulu.