KEMAMPUAN BERHITUNG KELOMPOK A DI PAUD SE- KECAMATAN AIR BESI BENGKULU UTARA (STUDI DESKRIPTIF KUANTITATIF DI KELOMPOK A DI PAUD SE-KECAMATAN AIR BESI BENGKULU UTARA)

Main Authors: Nurhijana, Septa, Sri, Saparahayuningsih, Wembrayarli, Wembrayarli
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/21002/1/SKRIPSI%20SEPTA%20FINAL%20OK.pdf
http://repository.unib.ac.id/21002/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan berhitung anak di Paud Se- Kecematan Air Besi Bengkulu Utara yang dilihat dari tiga tahap yaitu tahap konsep (menghitung dengan lambang angka 1-10), tahap transisi (menghitung dengan menghubungkan angka 1-10), tahap lambang (menulis angaka 1-10). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode dekriptif kuantitatif, subjuk penelitian Anak Kelompok A Paud se Kecematan Air Besi berjumlah 112 yang terdiri dari 50 anak laki-laki dan 62 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah bentuk tes. Hasil penelitian menunjukan kemampuan berhitung Anak Paud Se- Kecematan Air Besi pada aspek tahapan konsep (menghitung atau menyebutkan angka 1-10) skor rata-rata 92,774 dengan kriteria sangat baik, tahapan transisi (menghitung dan menghubungkan lambang bilangan skor rata rata 90,203 dengan Sangat Baik , dan pada tahapan lambang skor rata- rata 95,46 dengan kriteria Sangat Baik ( anak menulis angka 1-10). Maka direkomendasikan untuk lebih melatih serta membimbing anak dalam kegiatan kemampuan berhitung khusunya pada tahapan konsep, transisi dan lambang. Kata kunci : Kemampuan Berhitung