MENINGKATKAN KEMAMPUAN KLASIFIKASI BERDASARKAN FUNGSI MELALUI PEMBELAJARAN KELOMPOK DENGAN MEDIA LINGKUNGAN SEKITAR (PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI KELOMPOK A PAUD MELATI KOTA BENGKULU)

Main Authors: One Purnama, Insi, Sri, Saparahayuningsih, Yulidesni, Yulidesni
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/20999/1/insi%20one%20purnama.pdf
http://repository.unib.ac.id/20999/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan klasifikasi berdasarkan fungsi melalui pembelajaran kelompok menggunakan media lingkungan sekitar pada kelompok A PAUD Melati Kota Bengkulu. Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan melalui dua siklus dengan empat pertemuan di setiap siklusnya. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A PAUD Melati Kota Bengkulu yang berjumlah 9 orang anak yang terdiri dari 4 orang anak perempuan dan 5 orang anak laki-laki. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dan teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes, sedangkan analisis data menggunakan rumus rata-rata dan ketuntasan belajar. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa melalui pembelajaran kelompok menggunakan media lingkungan sekitar dapat meningkatkan kemampuan klasifikasi berdasarkan fungsi dari rata-rata siklus I sebesar 2,88 dengan kriteria cukup, meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 4,55 dengan kriteria baik. Direkomendasikan untuk penelitian selanjutnya dapat menggunakan media yang berbeda, lebih menarik dan menyenangkan bagi anak. Kata Kunci:Kemampuan Klasifikasi, Pembelajaran Kelompok, Media Lingkungan Sekitar