PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS X IPA DI SMA N 1 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Dwi Saputra, Berto, Effie, Efrida Muchlis, Syafdi, Maizora |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/20992/1/SKRIPSI.pdf http://repository.unib.ac.id/20992/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Berto Dwi Saputra (2019). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Untuk Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X IPA di SMA N 1 Kota Bengkulu. Skripsi S1 Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Pembimbing Utama Effie Efrida M, S.Pd.,M.Pd dan Pembimbing Pendamping Syafdi Maizora, S.Si.,M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization di SMA Negeri 1 Kota Bengkulu pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi aktivitas dan tes hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X 1 SMA Negeri 1 Kota Bengkulu Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019 berjumlah 33 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Peningkatan hasil belajar matematika siswa dapat dilihat dari ketuntasan belajar klasikal siklus I dan siklus II secara berturut-turut adalah 33,33%; dan 81,81%. Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat di lihat dari nilai hasil observasi aktivitas belajar matematika siswa siklus I dan siklus II secara berturut turut adalah 18 (cukup aktif) dan 23,13 (aktif). Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Team Assisted Individualization