PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING PADA MATERI PRISMA DAN LIMAS BAGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 12 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Dian Agustin, Elul, Syafdi, Maizora, Rusdi, Rusdi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/20991/1/Elul%20Dian%20Agustin_A1C014022_SKRIPSI.pdf http://repository.unib.ac.id/20991/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Elul Dian Agustin, 2018. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Penemuan Terbimbing pada Materi Prisma dan Limas bagi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Kota Bengkulu. Skripsi S-1 Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Bengkulu. Pembimbing utama, Syafdi Maizora, S.Si., M.Pd. serta pembimbing pendamping Drs. Rusdi, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Penemuan Terbimbing Pada Materi Prisma dan Limas bagi Siswa Kelas VIII yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analyze, design, development, implementation dan evaluation. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 12 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2017/2018. Kepraktisan LKPD diuji pada 9 peserta didik dari kelas VIII. Efektifitas LKPD diuji pada 28 peserta didik kelas VIII E. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar kepraktisan dan lembar efektifitas. Hasil penelitian Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Penemuan Terbimbing pada Materi Prisma dan Limas bagi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Kota Bengkulu termasuk dalam kategori: (a) valid dari aspek materi, kontruksi dan bahasa dengan skor rata-rata 3,97, (b) praktis dengan skor rata-rata 4,19, (c) sangat efektif dengan skor rata-rata 4,24 dan pencapaian efektifitas: (1) aktivitas dengan skor rata-rata 4; (2) Respon peserta didik dengan skor rata-rata 4,21; (3) hasil belajar peserta didik efektif dengan skor 4,43 dan persentase ketuntasan minimal 71,43%. Kata Kunci : Penelitian Pengembangan, Lembar Kerja Peserta Didik, Penemuan Terbimbing Xviii + 146 hal; 53 gbr; 28 tbl; 34 lampiran; pustaka acuan:29(1992-2017)