HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TERHADAP LAYANAN KONSELING PERORANGAN DENGAN MINAT BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 13 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Perdina Sari, Rizka, Hadiwinarto, Hadiwinarto, Vira, Afriyati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/20980/1/SKRIPSI%20-%20RIZKA%20PERDINA%20SARI.pdf http://repository.unib.ac.id/20980/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi siswa terhadap kebutuhan layanan konseling perorangan dengan minat belajar siswa di SMPN 13 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VIII di SMPN 13 Kota Bengkulu. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket yang terdiri dari 30 item pertanyaan persepsi siswa dan 30 item pertanyaan minat belajar siswa. Angket digunakan untuk mengetahui hubungan persepsi siswa terhadap layanan konseling perorangan dengan minat belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan terdapat korelasi yang signifikan antara persepsi siswa terhadap layanan konseling perorangan dengan minat belajar siswa, hal ini ditunjukkan dengan nilai korelasi sebesar 0,521 maka dapat terlihat derajat hubungan termasuk kategori cukup karena koefisien korelasi terletak antara 0,41 sampai dengan 0,60. Ini berarti persepsi siswa terhadap layanan konseling peorangan yang baik dapat meningkatkan minat belajar pada siswa. Kata Kunci : Persepsi Siswa, Layanan Konseling Perorangan, Minat Belajar Siswa