PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN LATAR BELAKANG ANAK YANG BROKEN HOME DI SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU

Main Authors: Oktaviani Safitri, Ezi, Yessy, Elita, Rita, Sinthia
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/20978/1/SKRIPSI.pdf
http://repository.unib.ac.id/20978/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah adalah untuk mendeskripsikan pengaruh layanan konseling kelompok dalam meningkatkan kemandirian belajar dengan latar belakang anak yang broken home. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.E dan VII.F SMP N 11 Kota Bengkulu yang berjumlah 31 siswa. Sampel menggunakan purposive sampling. Jumlah sampel adalah 8 siswa. Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan uji z. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar siswa broken home mengikuti aktivitas konseling kelompok meningkat setelah diberikan layanan konseling kelompok, hal ini ditunjukkan dengan nilai z = -2.524a dengan taraf signifikansi (2-tailed) sebesar 0.012 yang berarti 0.012 < 0.05. Temuan ini menunjukkan bahwa ada pengaruh layanan konseling kelompok terhadap kemandirian belajar siswa broken home mengikuti aktivitas konseling kelompok di SMP N 11 Kota Bengkulu. Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Siswa, Konseling Kelompok