PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK BERMAIN PERAN TERHADAP INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS VII A DI SMP NEGERI 19 KOTA BENGKULU
Main Authors: | Azim, Pauzan, Hadiwinarto, Hadiwinarto, Arsyadani, Mishbahuddin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/20977/1/SKRIPSI%20PAUZAN%20AZIM.pdf http://repository.unib.ac.id/20977/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara empiris pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik bermain peran terhadap interaksi sosial siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VII A SMP Negeri 19 Kota Bengkulu yaitu sebanyak 21 siswa dengan sampel 10 orang siswa yang memiliki skor interaksi sosial rendah, teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria hasil pengolahan angket interaksi sosial dan observasi yang dilakukan. Adapun kriteria tersebut adalah siswa yang masih malu bertaya kepada guru, memilih-milih dalam berteman, terlalu pendiam di dalam kelas, ragu-ragu dalam menyampaikan pendapat, dan masih membentuk sebuah geng kecil. Kemudian dari 10 sampel siswa yang memiliki skor interaksi sosial yang rendah, akan diberikan treatment berupa bimbingan kelompok, setelah diberi bimbingan kelompok siswa diberi angket posttest dengan tujuan apakah ada perubahan atau pengaruh dari layanan bimbingan kelompok dengan teknik bermain peran terhadap interaksi sosial siswa. Data interaksi sosial diambil dengan menggunakan metode kuesioner. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas, pengujian hipotesis menggunakan uji Z diperoleh nilai Z = -2.848 (p<0,05) maka H0 ditolak, Artinya ada pengaruh yang signifikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik bermain peran terhadap interaksi sosial siswa. Kata kunci : Bimbingan Kelompok, Teknik Bermain Peran, Interaksi Sosial.