DESKRIPSI PERAN BIMBINGAN DAN KONSELINGDALAMMENANGANIMASALAH KEDISIPLINAN MELALUI FUNGSI BKPADA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 KOTA BENGKULU TAHUNPELAJARAN 2018/2019

Main Authors: Sasta Jemi, Defron, Hadiwinarto, Hadiwinarto, Arsyadani, Mishbahuddin
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/20976/1/SKRIPSI%20DEPRON.pdf
http://repository.unib.ac.id/20976/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran bimbingan dan konseling dalam menangani masalah kedisiplinan melalui fungsi BK pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Kota Bengkulu. Penelitian ini termasuk dalam deskriptif kuantitatif. Teknik penelitian ini menggunakan angket dengan 60 item pernyataan yang mewakili lima fungsi BK yaitu fungsi pemahaman, fungsi pencegahan, fungsi penyelesaian, fungsi pengentasan, dan fungsi pengembangan. 5 dari 11 kelas yang terdiri dari 119 siswa menjadi sampel dari penelitian ini. Metode analisis data menggunakan rumus persentase melalui rumus skala Likert. Dari hasil penelitian yang dilakukan, untuk fungsi pemahaman diperoleh hasil rata-rata 61,93. Artinya guru BK sudah cukup baik menangani masalah kedisiplinan. Selanjutnya, fungsi pencegahan diperoleh nilai rata rata 22,16 yang berarti guru BK telah melakukan pencegahan dengan baik. Pada fungsi pengentasan, diperoleh nilai rata-rata 46,02 yang menunjukkan bahwa guru BK sudah cukup melakukan penyelesaian tentang masalah kedisplinan. Lalu fungsi pemeliharaan diperoleh nilai 15,36. Artinya guru BK telah menangani fungsi pengentasan dengan baik. Terakhir, fungsi pengembangan dimana diperoleh nilai 64,07 yang berarti bahwa guru BK melakukan fungsi pengembangan dalam menangani masalah kedisiplinan dengan baik. Kata kunci: peran guru, bimbingan dan konseling, fungsi bk, kedisplinan