THE ANALYSIS OF FACTORS THAT AFFECT STUDENTS ANXIETY IN SPEAKING FOR PRESENTATION CLASS (A Study of the Fourth Semester Students at the English Education Study Program of University of Bengkulu in Academic Year 2018/2019)

Main Authors: Agustin, Nadia, Indah, Damayanti, Ildi, Kurniawan
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/20962/1/SKRIPSI%20NADIA%20.pdf
http://repository.unib.ac.id/20962/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Agustin, Nadia. 2019. The Analysis of Factors that Affect Students Anxiety in Speaking for Presentation Class (A Study of the Fourth Semester Students at the English Education Study Program of Universitas Bengkulu in Academic Year 2018/2019).Undergraduate Thesis. Bengkulu: Language and Art Department. Bengkulu University (55 Halaman) Keywords: Berbicara, Kecemasan, faktor Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui faktor faktor yang menyebabkan kecemasan siswa dalam kemampuan berbicara dikelas Speaking for Presentation. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan model penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa semester empat program studi pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Bengkulu tahun ajaran 2018/2019. Sampel penelitian diambil dengan cara random sampling, yakni 57 mahasiswa.Data penelitian diambil dengan menggunakan kuisioner yang teridiri dari 29 pertanyaan yang berhubungan dengan kegelisahan yang diadaptasi dari questionnaire Horwitz et al (1986). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa hampir seluruh mahasiswa memiliki kegelisahan. Ada tiga faktor penyebab utama yang menyebabkan mahasiswa memiliki kecemasan berbicara di kelas presentasi ; Takut akan Evaluasi Negatif “Fear of Negative Evaluation” (Berpengaruh;Mean Score: 3.12), dan Ketakutan Berkomunikasi “Communication Apprehension” (Berpengaruh; Mean Score: 3.09). dan Kecemasan akan Test ( Test Anxiety) (Berpengaruh, Mean score : 2.89) Sebagai kesimpulan, bahwa ada tiga faktor utama yang menyebabkan kecemasan mahasiswa berkomunikasi dalam bahasa asing, dan faktor yang paling dominan adalah Ketakutan akan Evaluasi Negatif