EVALUASI STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA GALLERY RAFFLESIA TOUR AND TRAVEL

Main Authors: Arianti , Nova, Sularsih, Anggarawati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2006
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/2095/1/I%2CII%2CIII-NOV-FE.pdf
http://repository.unib.ac.id/2095/2/IV%2CV-NOV-FE.pdf
http://repository.unib.ac.id/2095/
Daftar Isi:
  • Pembangunan sektor pariwisata mendapat perhatian dalam pembangunan di Propinsi Bengkulu. Untuk berkembangnya kepariwisataan tidak luput dari peran faktor penunjang seperti jasa transportasi, jasa perhotelan dan biro perjalanan wisata. Melihat potensi tersebut mulai bermunculan usaha-usaha biro jasa perjalanan wisata di kota Bengkulu dengan menawarkan paket wisata baik kota, Nusantara maupun Manca Negara dengan kelebihan dan keunggulan masing-masing. salah satunya adalah Gallery Rafflesia Tour and Travel. Dalam perkembangannya banyak menghadapi hambatan seperti sistim pemasaran, kondisi perekonomian yang dapat menyebabkan permintaan yang tidak stabil dan adanya indikasi persaingan dengan usaha sejenis. Untuk mengatasi masalah tersebut perusahaan berusaha untuk memperbaiki dan menyusun kembali strategi pemasarannya untuk meningkatkan volume penjualan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif yang dilakukan secara deskriptif dengan menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman (Analysis SWOT). Untuk menentukan formulasi strategi pemasaran kedepan dilakukan penggabungan dari formulasi alternatif strategi pemasaran yang dihubungkan melalui matriks SWOT. Untuk meningkatkan volume penjualan Gallery Rafflesia Tour and Travel harus menyusun kembali strategi pemasaran yang diterapkan, mempertahankan sisi kekuatan dan memanfaatkan peluang yang ada serta memperbaiki kelemahan dan mengantisipasi ancaman yang akan muncul. Berdasarkan analisis SWOT posisi Gallery Rafflesia Tour and Travel berada pada kuadran IV yaitu mendukung strategi diversifikasi dengan menambahkan jenis usaha baru yang masih berkaitan misalnya membuka paket wisata alam. Berdasarkan matriks SWOT alternatif strategi yang dapat dilakukan yaitu mempertahankan strategi diferensiasi layanan dan strategi fokus pada pelanggan, melakukan diversifikasi konsentrik, Perbaikan terhadap strategi promosi, Perketat pengawasan sistem pembayaran, Manfaatkan Sumber daya manusia secara optimal dan Tingkatkan hubungan dengan masyarakat.