POLA KOMUNIKASI COACH TERHADAP PESERTA STUDENT LEADERSHIP EDUCATION BEM KBM UNIB DALAM MEMBANGUN KARAKTER KEPEMIMPINAN MAHASISWA

Main Authors: Rahmipa, Mukhira Mastie, Yudisiani, Yudisiani, Yuliati, Yuliati
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/20926/1/SKRIPSI%20IRA.pdf
http://repository.unib.ac.id/20926/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi yang terjadi antara coach dengan peserta Student Leadership Education dalam membangun karakter kepemimpinan mahasiswa. Dalam Proses terjadinya coaching, pembentukan karakter kepemimpinan merupakan tujuan kegiatan tersebut. Adapun rumusan masalah yang ingin dilihat yakni “Bagaimana Pola Komunikasi yang Dilakukan oleh coach Terhadap Peserta Student Leadership Education didalam Proses Coaching dalam Membangun Karakter Kepemimpinan Mahasiswa”. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif untuk menggambarkan hubungan interaksi antara coach dengan peserta. Informan penelitian dilakukan menggunakan teknik purposive sampling dengan memilih informan yang sesuai dengan kriteria tertentu. Informan yang diambil ada dua tipe, yang pertama informan A (coach) dan kedua informan B (peserta). Sedangkan teknik pengambilan data yang digunakan melalui data primer : wawancara mendalam, observasi, dokumentasi dan pita rekaman, sedangkan data sekunder : melalui studi kepustakaan. Uji keabsahan data yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi: peningkatan ketekunan dalam penelitian, menggunakan bahan referensi dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi yang terjadi antara coach dengan peserta adalah pola komunikasi linier dan pola komunikasi sirkular. Pada pola komunikasi linier terjadi ketika seorang coach memberikan arahan dan materi didalam setiap kegiatan coaching. Sedangkan pola komunikasi sirkular terjadi pada saat diskusi dan tanya jawab dari peserta kepada coach atau dari coach kepada peserta yang dilakukan pada saat setelah pemberian materi.