PERLINDUNGAN HAK KONSUMEN PDAM ATAS KELALAIAN PENCATATAN WATER METER AIR YANG DILAKUKAN PDAM KOTA BENGKULU
Main Authors: | AYU LESTARI, MONICA, Slamet, Muljono, Ganefi, Ganefi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Archive |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unib.ac.id/20744/1/SKRIPSI%20MONICA%20AYU%20LESTARI%20OK.pdf http://repository.unib.ac.id/20744/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui Apakah pelaksanaan perlindungan hak-hak konsumen atas kelalaian pencatatan water meter air di PDAM Kota Bengkulu menurut Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan konsumen (2) mengetahui upaya penyelesaian penyelesaian terhadap kelalaian pencatatan water meter air yang dilakukan PDAM Kota Bengkulu. Penelitian merupakan penelitian hukum empiris, hasil penelitian bahwa (1) pelaksanaan perlindungan hak-hak konsumen atas kelalaian pencatatan water meter air telah dilakukan PDAM Kota Bengkulu sebagai pelaku usaha sebagaimana dengan Undang-Undang Perlindungan Konsumen yaitu dengan cara melakukan pengecekan terhadap rekening tagihan pelanggan dengan mengirimkan petugas survei ke rumah pelanggan, melakukan koreksi, dispensasi angsuran sebanyak dua kali dan memberikan kompensasi pembayaran. (2) upaya penyelesaian pengaduan konsumen terhadap kelalaian pencatatan water meter air yang dilakukan PDAM Kota Bengkulu dilakukan dapat dilakukan dengan cara internal (non-ligitasi) dan melalui Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 .Namun dalam praktiknya di PDAM, belum ditemukan upaya penyelesaian melalui undang-undang, pengaduan masih dapat diselesaikan secara internal.