FENOMENA MUA (MAKEUP ARTIST) DI INSTAGRAM (Studi Pada Akun MUA (Makeup Artist) Ech.Studio)

Main Authors: AGUSHARTATI, FRISKA, Azhar, Marwan, Meiselina, Irmayanti
Format: Thesis NonPeerReviewed Archive
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.unib.ac.id/20580/1/Skripsi%20Friska%20Agushartati.pdf
http://repository.unib.ac.id/20580/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul Fenomena MUA (Makeup Artist) di Instagram studi pada akun MUA (Makeup Artist) Ech.Studio). Penelitian ini membahas tentang eksistensi remaja dalam mengupload foto cantiknya ke Instagram menggunakan jasa makeup artist Ech.Studio untuk menunjang penampilan dan hasil foto cantik mereka di Instagram. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana realitas yang sebenarnya dibalik pengemasan foto cantik yang di unggah para remaja di kota bengkulu ke Instagram. Dalam penelitian ini, teori yang digunakan adalah Hiperreality oleh Jeans Baudrillard. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi partisipan dan wawancara mendalam. Teknik penguji keabsahan data menggunakan teknik kredibilitas dengan metode triangulasi sumber. Teknis analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan eksistensi remaja dalam mengupload foto cantiknya ke Instagram menggunakan jasa makeup artist Ech.Studio untuk menunjang penampilan wajah dengan makeup yang profesional dan foto hasil makeup yang cantik di buat lebih indah dan menarik dari foto sebelumnya untuk di upload di Instagram dengan tujuan mendapatkan respon yang positif bahkan respon yang berbentuk pujian, merupakan suatu kepuasan tersendiri bagi mereka.